Cara Membuat Animasi Film Kartun 3D 2018

Assalamualaikum wr.wb
Hallo sobat setia Master Linuxser Kali ini admin akan membahas tentang cara membuat animasi film kartun 3D. Mohon maaf sebelumnya jika ada istilah yang digunakan pada pembahasan ini ada yang kurang tepat,

Oke Langsung saja kita buat kartun nya Dengan cara otodidak, anda jangan terhalang oleh istilah-istilah yang mungkin saja anda dapat menjadi bingung. Yang penting difahami dan animasi yang kita buat, sesuai dengan prosedur yang benar.

Membuat Scene baru

Langkah awal untuk membuat animasi kartun dengan Muvizu tentu setelah software Muvizu-nya telah terinstal dengan benar. Seperti biasa klik dua kali untuk membuka software ini. Setelah itu akan tampil tampilan awal Muvizu dan selanjutnya kita akan menemukan jendela untuk memilih scene baru.

Tampilan gambar New Scene

Setelah muncul jendela scene baru, silahkan anda pilih setting tempat/background pada template yang sudah disediakan. Jika anda memilih backround polos, anda dapat merubah warnanya pada menu create>Edit Environment. Latar bisa diganti, misalnya jika anda menginginkan latar hijau maka latar akan berubah menjadi hijau.

Namun ada baiknya anda mengganti settingan resolusinya. Pada menu file ada pilihan option. Silahkan ganti resolusinya sesuai dengan selera. Untuk hasil terbaik tentu kualitas HD.

Gambar Jendela Pengaturan Resolusi

Jika sudah selesai, tutup jendela pengaturan resolusi.

Setelah anda memilih template latar maka akan tampil latar yang anda pilih. Pada tampilan latar, di bagian bawah ada panduan penggunaan mouse. Klik kiri untuk mengaktifkan objek,kamera, dan karakter, juga untuk memindahkan objek atau kamera dan mengitari latar.

Klik kanan untuk mengubah pandangan. Pengambilan dari atas, dari bawah, samping kiri atau samping kanan. Jika kamera diaktifkan, dengan klik kanan pada mouse, kamera dapat berputar ke kiri/kanan, ke atas/ke bawah.

Berlaku pula untuk mengubah posisi karakter, misalnya menghadap ke kiri atau ke kanan. Hasilnya dapat anda lihat pada kamera preview. Sedangkan jika kedua tombol mouse ditekan bersamaan, maka objek/kamera yang diaktifkan dapat digeser ke samping kiri/kanan, juga ke atas/ke bawah.

Membuat Karakter

Sekarang, kita mulai membuat karakter. Klik pada menu create, di sana ada pilihan untuk membuat karakter, objek, menambah kamera, dan mengedit suasana latar ( edit environment )


Misalnya kita membuat karakter dulu. Klik create>character. Selanjutnya klik menu edit, pilih edit objek maka akan ada tampilan untuk mengedit rambut, wajah, baju, dan asesorisnya. Silahkan anda edit karakternya sesuai dengan selera anda.

Pemilihan Karakter

Contoh pengeditan karakter


Penempatan Kamera

Jika sudah puas dengan pengeditan karakter, tempatkan objek pada tempat yang diinginkan.

Lihat pada kamera preview, jika tidak tampak di sana berarti arah kamera yang harus dibetulkan. Klik kiri pada kamera untuk dapat dipindahkan. geser, baik dengan maju mundur atau memutar.

Tekan terus tombol kiri mouse, jika sudah sesuai, lepas tombolnya. Atur arah pandangan kamera dengan mengklik tombol kanan mouse, putar ke kanan atau ke kiri, ke atas atau ke bawah sesuai dengan arah pengambilannya. Jika pengambilan gambar dari atas tetapi anda menginginkannya mengambil gambar dari bawah, tekan tombol kiri dan kanan mouse secara bersamaan kemudian geser.

Lihat pada jendela kamera preview. Jika sudah pas, selanjutnya anda dapat memulai dengan kegiatan lainnya. Tapi jika anda menginginkan ada beberapa sudut pandang, misalnya pengambilan dari depan, samping kiri, samping kanan, dan dari belakang, berarti anda harus menambah kamera. Klik create>camera, maka setiap mengklik gambar kamera akan muncul kamera baru di sekitar objek. Misalnya anda mau membuat 4 sudut pengambilan gambar, maka anda buat kamera 4 buah.

Tempatkan kamera-kamera tersebut sesuai dengan keinginan. Atur jaraknya dengan cara yang sudah dijelaskan di atas, yaitu pada penggunaan mouse tadi.

Contoh penempatan 1 kamera

Contoh penempatan 2 kamera

Menggerakkan Karakter

Sekarang marilah berpindah pada pembahasan menggerakkan karakter. Misalnya anda menginginkan karakter yang telah anda buat itu dapat menggerakkan anggota tubuhnya. Klik pada menu Prepare>Character Action.


Menu Pengaturan Character Action ( Prepare )

Selanjutnya atur posenya. Klik happy pose, nanti anda akan diarahkan untuk memilih pose yang sesuai dengan keinginan anda, misalnya convensional 1, lihat pergerakan karakter yang dimunculkan dari pose convensional 1, jika cocok klik>Ok. Selanjutnya pilih happy Subtle, pilih model gerakannya pada menu pilihan pose. Selanjutnya pada happy strong, pilih bentuk gerakannya.

Mengapa kita menyiapkan beberapa pose? Alasannya adalah ketika kita menginkan pose karakternya berganti gerakan maka gerakannya itu adalah gerakan yang kita inginkan. Ketika mulai direkam, kita tinggal klik pose happy pose ( sudah dipilih pose konvensional 1 ), 

Selanjutnya klik subtle>Caugh, pilih happy strong>first pump, maka hasilnya nanti kita dapat menggerakkan 3 pose secara bergiliran serta bentuk gerakannya adalah gerakan yang kita inginkan. Jika sudah siap, klik direct>klik record scene untuk memulai perekaman.

Menu Direct

Contoh Pengaturan Pose Happy


Pose Fight Perekaman

Untuk memulai perekaman, kita ubah posisi prepare pada direct jika sedang membuka pengaturan pada menu prepare. Atau klik menu direct>Character Action.

Pada software Movizu, setiap pengambilan gambar harus direkam terlebih dahulu. Misalnya kita akan membuat pose happy, kita harus merekamnya dengan cara klik gambar scene yang berada di sisi paling kiri pada gambar timeline.

Memulai Perekaman

Cara Perekaman


Setelah muncul gambar seperti di atas berarti perekaman akan segera dimulai. Kita klik pose happy convensional 1 maka objek bergerak, klik pose subtle caugh, objek batuk-batuk. Jika distop pada tombol stop di timeline, maka perekaman berhenti. Jika diplay, dua gerakan tadi akan muncul. Kembalikan pada posisi awal ( klik tanda panah 2 ke kiri ),

Hal ini dimaksudkan agar terjadi penggabungan gambar antara hasil scene 1 dengan yang sekarang pada scene 2. Misalnya scene 2 merekam gerakan kepala. Maka penggerakan kepala dapat mengikuti gerakan pada scene 1. Setelah direkam kemudian diplay, maka gerakan pada scene 1 dan scene 2 menjadi bersatu. Demikian pada gerakan yang lainnya, posisi untuk memulai adegan  yang baru dikembalikan pada pada timeline harus dikembalikan pada posisi awal.

Untuk melihat hasil jadinya klik Video nya di bawah ini, Untuk Software nya dibawah ini :


Sekian dari saya semoga dapat bermanfaat buat kalian semua para setia pembaca di blog Master Linuxser nanti dilanjutkan pada sesi pembahasan menggerakan kepala, mata, memindahkan objek, dan yang lainnya.

Subscribe to receive free email updates: