Cara Menambah Tabel grafik diagram di Power Point

Power Point adalah salah satu program aplikasi microsoft office yang berguna untuk membuat presentasi dalam bentuk slide. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk keperluan presentasi, mengajar, dan untuk membuat animasi sederhana. Pada tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana caranya membuat tabel, grafik serta diagram ke dalam slide di powerpoint.
Baiklah sekarang langsung saja kita mulai. berikut adalah langkah langkahnya.

Menambah Tabel
Buka Powerpoint kemudaian Klik ikon menu Home > New Slide > Blank.Klik tab menu Insert > Table > Insert Table.


  • Pada kotak dialog yang muncul, misalkan isikan Number of columns: 3, Number of rows : 9, kemudian klik tombol OK. (terserah mau berapa kolom dan baris, sesuai kebutuhan aja).
  • kemudian akan muncul seperti gambar dibawah, pada kotak merah kalian bisa memilih untuk menyesuaikan design tabel yang di inginkan.


isilah tabel dengan data yang sudah ada atau data yang kalian miliki.Pilih baris pertama dari tabel, lalu blok sampai ke kolom 3 lihat seperti gambar dibawah, kemudian klik tab menu Layout > Merge Cells.


Kemudian ketikkanlah “TABEL DISTRIBUSI PERAWATAN ANGGREK”, kemudian klik ikon Font Size : 28, klik ikon Paragraph Aligment : Center.



Menambah Grafik

Masih menggunakan tabel di dalam file presentasi yang dibuat tadi.Klik tab menu Home > New Slide > Blank.


Setelah muncul slide baru yang masih kosong kemudian Klik tab menu Insert > Chart.Pada kotak dialog Insert Chart, pilih Column kemudian klik tombol OK.


Pada gambar diatas kalian melihat banyak bentuk grafik, pilih saja sesuai dengan kebutuhan, kalau saya disini pilih yang column, nah setelah sudah dipilih, klik ok.Setalah di ok kan maka akan ada muncul Microsoft Excel, di dalam excel tersebut kita ketikan data yang ada di dalam tabel dalam powerpoint tadi.ketikan datanya sperti dibawah ini. buatlah susunanya seperti itu


Setelah selesai klik tombol Close pada pojok kanan atas windows. Dan perhatikan hasilnya.


Kemudian aktifkan grafik anda, klik tab menu Layout > Chart Title > Above Chart.


Kemudian ketikkan “Grafik Distribusi Perawatan Anggrek”.


Setelah selesai simpan kembali presentasi anda (Ctrl+S).
Menambah Diagram
Klik ikon menu Home > New Slide > Blank .


Kemudian klik tab menu Insert > SmartArt. ( terserah anda ingin menggunakan yang mana) klik Ok


kemudian Aktifkan salah satu shape lingkarannya, kemudian klik tab menu Design > Add Shape Before. Perhatikan hasilnya.


Coba anda tambahkan 2 shape lagi, caranya klik kanan lingkaran yang ingin di tambahkan sehingga tampilannya sebagai berikut.


Kemudian ketikkanlah isi dari diagramnya sebagai berikut.


Untuk merubah dan mengatur format dari diagramnya bisa dengan cara bisa lihat gambar dibawah




Dah Selesai juga akhirnya 🙂

Demikian lah tutorial membuat tabel, Grafik serta Diagram dalam PowerPoint.
Semoga bermanfaat, dan silahkan di coba.

Subscribe to receive free email updates: