Cara Membuat Robot Avoider

Salam malam para setia di blog Master Linuxser , kali ini saya mau sedikit cerita tentang bagaimana membuat robot avoider bagi para pemula (Newbie).

Mengapa disebut robot avoider (robot halang rintang) karena pada dasarnya robot ini menggunakan limit switch sebagai sensornya apabila robot menabrak benda atau dinding maka secara otomatis robot akan berputar ke kanan atau kekiri bisa juga mundur, robot ini juga menggunakan 2 buah relay 5 volt 8 pin sebagai penggerak motor dc.

Robot sederhana ini dapat dibuat dari mobil mainan anak, tapi jangan lupa kita juga harus memberikan pengaman tegangan dengan memasang IC Regulator 7805 agar bisa dipasang dengan batere yang tegangannya lebih dari 5 volt dengan tidak merusak relay.


Ini brow penampakan hasil robotnya yang saya buat. Dikatakan sederhana karena dari segi rangkaiannya hanya menggunakan komponen umum yang bisa dibeli ditoko elektronik, rangkaianya bisa anda cari dan download di situs gruprobot.com dengan keyword Tutebot.
Kalo males nyari ini saya kasih skemanya brow.


Penyusunan komponen harus rapih brow, rangkaian kita buat 2 kali untuk motor kiri dan kanan seperti gambar dibawah ini :


Supaya tidak repot brow saya sudah gambarkan rangkaianya dengan software diptrace, ini saya share PCB tampak atas dan tampak bawah.



Ukuran PCB ini sudah saya export dengan ukuran 412 pixel, Tinggal disetrika ke PCB jadi deh.


Selamat mencoba nya dirumah, maaf belum sempet rekam aksi si robot keren saya ini... next time bakalan saya share.

Untuk PCB Driver Motor nya Disini Atau Disini

Yang mau Desain PCB Diptracenya mangga disedoottt saja links download ada dibawah ini ya. 

Subscribe to receive free email updates: