Cara membuat Sistem Keamanan di Sepeda Motor menggunakan RFID Arduino

System security atau sistem pengaman merupakan ѕuаtu mеkаnіѕmе уаng dіrаnсаng ѕеdеmіkіаn ruра dengan tujuan mеngаmаnkаn ѕеbuаh реrаngkаt keras atau perangkat lunak pada suatu sistem itu sendiri.
System ini dapat juga dihubungkan dengan alarm security dikarenakan mempunyai tujuan yang sama yaitu sebagai sistem pengaman.

Tutorial make System Security on Motorcycle using RFID Arduino

Pada artikel ini akan dibuatkan contoh alarm security yang akan diaplikasikan pada motor baik itu motor merk honda, yamaha dengan memanfaatkan RFID Arduino.
Kenapa dipilihnya menggunakan Arduino dikarenakan dari segi harga yang relatif murah, segi programming yang relatif mudah, dan mudah didapatkan di toko elektronik maupun toko online seperti tokopedia, bukalapak.

Bahan yang perlu dipersiapkan antara lain
  • RFID Tag (Keychain atau Card) dan RFID reader menggunakan MC522
  • Module relay 1 channel 5v
  • Module buzzer passive
  • Breadboard
  • Arduino Uno
  • S50 Keychain
  • Kabel Jumper Breadboard LCD 16×2 menggunakan driver i2c lcd
  • Komputer dan Software IDE Arduino

Skema Rangkaian




Wiring rangkaian diatas mengikuti petunjuk kotak coklat dikarenakan jika dibuatkan wiring satu persatu akan membuat rangkaian menjadi ribet dan susah untuk dimengerti.
Note : Gambar diatas merupakan rangkaian dengan catatan percobaan jika ingin diaplikasikan langsung ke motor perlu dibuatkan rangkaian yang lebih sederhana lagi.
Dan untuk catudayanya harap menggunakan external catudaya dikarenakan mengingat total module yang lumayan membutuhkan arus.

Konsep sederhana System Security Project RFID ini

Konsep yang akan diambil yaitu ketika motor dihidupkan menggunakan kunci konvesional, kemudian motor hanya dapat di-starter jika sudah TAP RFID dan aksesnya diterima atau terdaftar.
mobil toyota, honda, mitsubishi, hyundai, dan lain-lain. Dikarenakan hanya diaplikasikan pada pemutus dan penyambung kabel untuk kendali starternya.

Untuk keychain yang akan digunakan harap dibaca dulu no ID nya dan dicatat dikarenakan itu yang akan diregistrasikan ke dalam program yang akan dibuat. Karena ini merupakan project RFID v.1 yang masih manual dan akan dikembangkan lagi dapat memasukan ID keychain baru dan menghapus ke project RFID berikutnya.

Jika Keychain yang di TAP kan tidak sesuai selama 3 kali maka buzzer akan berbunyi, dan untuk mematikannya yaitu mematikan sistem kontak motor ke OFF saja.

Library yang digunakan


Pеlеtаkаn Lіbrаrу раdа mаѕіng – mаѕіng Oреrаtіоn Sуѕtеm

  • PC (Wіndоwѕ) : Prоgrаm fіlе(x86)/Arduіnо/ lіbrаrіеѕ
  • Mас OSX : (hоmе dіrесtоrу)/Aррlісаtіоnѕ/Arduіnо (Shоw Pасkаgе Cоntеnt)/Cоntеntѕ/Jаvа/Lіbrаrіеѕ
  • Lіnux : (hоmе dіrесtоrу)/ѕkеtсhbооk/lіbrаrіеѕ
  • Coding Program arduino project system security RFID V.1 ini
Coding Program arduino project system security RFID V.1 ini


Jika terjadi error program tolong segera diinfokan dengan komen dibawah ini, thanks. Semoga dapat bermanfaat buat kalian semua selamat mencoba di rumah.

Subscribe to receive free email updates: